Belajar Bahasa Jerman “Part 2: Personal Pronomen (Nominativ)”

Guten Abend, Sie kennenzulernen..

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang Personal Pronomen. Personal Pronomen ini merupakan pembahasan wajib dan Anda harus hafalkan, karena perubahan bentuk Personal Pronomen bisa terjadi kapan saja dan disesuaikan dengan bentuk dan kasus kalimatnya.

Personal Pronomen adalah kata ganti orang yang mengacu pada diri sendiri, orang lain (yang diajak bicara), pendengar dan sesuatu seperti benda yang sedang dibicarakan.

Personal Pronomen dalam Bahasa Jerman di bedakan menjadi :
1. kasus Nominativ (Subjek)
2. kasus Akkusativ (Objek Langsung)
3. kasus Dativ (Objek Penyerta)

2fb0694ba08f493bd26a018847f6cf99

http://pinterest.com

1.Uraian tentang kata ganti orang dalam bentuk Nominativ (Subjek)

1.1 Kata ganti Orang I ( Ich-Wir ) digunakan ketika kita melakukan suatu tindakan sendirian atau dengan orang lain.

*Orang pertama tunggal (Singular)

Penjelasan : Pada kalimat “Ich heisse Shaggy (Namaku Shaggy)” menunjukkan orang pertama sebagai subjek tunggal. Maksudnya orang pertama menjelaskan namanya sendiri.

*Orang pertama jamak (Plural)

Penjelasan : Pada kalimat “Wir heissen Muller( Kami adalah keluarga Muller)” menunjukkan orang pertama sebagai subjek jamak. Maksudnya orang pertama menceritakan kepada lawan bicara bahwa dia merupakan keluarga Muller.

 

1.2 Kata ganti Orang II (du – ihr) menunjukan bahwa orang tersebut adalah lawan bicara (pendegar) sedangkan ihr menunjukan bahwa pendengar atau lawan bicara lebih dari satu (plural).

*Orang kedua tunggal (Singular)

Penjelasan :  Pada kalimat “Wie heisst du? (siapa nama Anda?)” menunjukkan orang kedua kepada subjek tunggal. Artinya orang itu menanyakan nama kepada lawan bicara yang hanya sendiri.

*Orang kedua jamak (Plural)

Penjelasan : Pada kalimat “Wie heisst Ihr? (siapa kalian semua?)” menunjukkan bahwa orang pertama mengajukan pertanyaan kepada orang kedua jamak (lebih dari satu orang)

 

1.3 Kata ganti Orang III (er/es/sie – sie) menunjukan bahwa orang tersebut adalah orang /binatang/sesuatu yang sedang dibicarakan.

*Orang ketiga tunggal (Singular)

Penjelasan : Pada kalimat ” Er heisst Robi, Sie heisst Rita. (cowok itu bernama Robi, Cewek itu bernama Rita)” Artinya orang pertama menceritakan kepada orang kedua tentang nama orang ketiga tunggal/sendiri.

*Orang ketiga jamak (Plural)

Penjelasan : Pada kalimat “Sie heissen Simpson.(mereka adalah keluarga Simpson)” artinya orang pertama menceritakan kepada orang kedua bahwa orang ketiga/jamak merupakan keluarga Simpson.

Sumber Gambar : https://syams.wordpress.com/2006/06/14/personalpronomen-kata-ganti-orang/ dan http://pinterest.com

Demikian Penjelasan Tentang Part 2: Personal Pronomen Nominativ. Semoga bermanfaat dan tunggu kelanjutannya di part 3 .. Bis nachte woche, Tschuss Aufwiedersehen.

Tinggalkan komentar